Minggu, 20 Januari 2013

fenomena sleep paralysis :)

Apakah sleep paralysis??? mungkin baru beberapa orang yang mengenal, biasanya sering disebut ketindihan, atau orang jawa bilang erep-erep :) nah, gue tadi dini hari sebelum subuh itu kebangun nggak tahu kenapa, tau2 udah kebangun. nah, mencoba tidur lagi, dan nggak lama setelah itu, kayak ada suara aneh yang kenceng banget di telinga, disertai 'kelumpuhan' seluruh anggota badan. dan baru ngerti kalau itu gejala ketindihan, dan gue berusaha buat bangun, buat gerakin tangan, kaki, kepala. semuanya gak bisa! dalam hati gue, Astaghfirullahaladzim, bismilah, bismilah, bismilah... akhirnya gak lama atau sekitar 2-3 menit gue bangun juga, dan ngerasa takut banget buat tidur lagi akhirnya gue putuskan buat ambil air wudhu dan baca al-Quran dan sholat subuh.. Subhanallah, baru pertama kali ini gue ngerasain yang namanya ketindihan. gue takutnya bukan karena apa2, tapi selama ini orang2 bilang bahwa ketindihan itu semacam badan kita itu ditindih oleh makhluk gaib, kita merasa tercekik blablabla.. tapi menurut gue, semua itu gak bener.. ini gak ada hubungannya dengan itu semua. ini hanya medis saja, dan ada hal yang menjadi penyebabnya..




Sleep Paralysis menurut medis :

sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. dan usia rata-rata orang yang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 th *nahlho, gue pertama kali umur 18+ lho?*.  sleep paralysis alias tindihan ini bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit tergantung kerja dan koordinasi otak dengan anggota badan. yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam disekitar tempat tidur. tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis. *gue kok nggak ya?*

di dunia barat, fenomena sleep paralysis sering disebut dengan mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. sebgian ada juga yang merasa melihat didatangi agen rahasia asing atau alien. sementara dibeberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sesosok roh jahat menduduki dada seorang wanita hingga menyebabkan ia ketakutan dan sulit bernafas. *sumpah, gue tadi gak nglihat apa2, walaupun sempet buka mata, yang kelihatan malah tembok kamar, gak lihat apa2... wah, gak bener ni semuanya.. :D*

gejala kurang tidur :

menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis adalah sejenis halusinasi akibat adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

sebagai pengetahuan saja, berdasarkan gelombang otak, tidur kita terbagi dalam 4 tahapan. tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam, dan tahap REM. pada tahap REM inila mimpi terjadi.

saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. *emang gue kurang tidur, masak baru tidur jam 9, bangun jam 2? pantes!*. jadi, dari keadaan sadar ( saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke tahapan mimpi alias REM.

ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, disinilah fenomena sleep paralysis terjadi. kita merasa sangat sadar *BETUL!*, tapi tubuh tidak bisa bergerak sama sekali. ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok atau bayangan lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi. *tapi gue gak ngrasain itu semua, yang gue rasain suara yang kenceng terus ada pembaca berita gitu tentang coboy junior di kapanlagi-nya youtube*

selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. akibatnya, muncul stress dan terbawa ke dalam mimpi. lingkungan kerja pun ikut terpengeruh. misalnya, gue sebagai siswa kelas 3 SMK, apalagi SMK Telkom! pasti capek iya! apalagi minggu kemaren full banget ujian-ujian, try out, blablabla! gue sampek ngerasa, wah, pendek umur nih kalau sekolah disini :P

Waspada, jangan anggap remeh!

meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. pasalnya, sleep paralysis atau tindihan bisa juga merupakan pertanda narcolepsy (serangan tidur mendadak tanpa tanda-tanda mengantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan, atau depresi.

jika anda sering mengalami gangguan tidur ini, sebaiknya buat catatan mengenai pola tidur selama beberapa minggu. ini akan membantu anda mengetahui penyebabnya. lalu, atasi dengan menghindari pemicu terjadinya gangguan tidur ini. bila tindihan diakibatkan terlalu lelah, coba lebih banyak beristirahat.

kurang tidur pun tidak boleh dianggap remeh. *kalau gue kurang tidur, udah biasa, tapi gak tahu kalau ternyata akibatnya bisa ketindihan.. Astaghfir.. * jika sudah menimbulkan ketindihan, kondisinya berarti sudah berat. segera evaluasi diri dan cukupi kebutuhan tidur anda. usahakan tidur 8-10 jam pada jam yang sama setiap malan *mustahil banget anak telkom nglakuin kayak gini, ini sekolah nyiksa banget sih!*

perlu diketahui juga, ketindihan umumnya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur). *gue tadi juga! wah, berarti salah posisi tidur gua!*. itu sebabnya, kita perlu sering mengubah posisi tidur untuk mengurangi resiko terserang gangguan tidur ini.

Subhanallah, gue jadi inget dengan haidts Rasul yang mencontohkan kita (umat Islam) tidur dengan posisi miring menghadap kiblat serta membaca dzikir dan doa sebelum tidur.

dikutip dari blog : ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar