Senin, 09 Juli 2012

penahanan ijazah


Ternyata, wacana “SEKOLAH DILARANG MENAHAN IJAZAH SISWA KARENA MASALAH ADMINISTRASI” tidak berlaku di SMP-ku. Aku korban, bukan korban tepatnya, tapi salah satu dari sekian banyak siswa di Indonesia yang mengalaminya… bukan hanya ijazah tapi SKHUN, raport, dan sertifikat siswa RSBI juga ditahan karena administrasi..

Ternyata, di Indonesia ini, kebijakan pendidikan belum sepenuhnya merata.. bukan karena menyalahkan sistem atau kemiskinan yang terjadi, tapi seperti inikah dunia memperlakukan anak seperti aku.. hanya kesabaran dan pemahaman yang bisa terbesit dibenakku..

Tapi satu hal yang aku nggak suka dari omongan dari guru yang ngurusi ijazah dsb di smpku, bahwa jangan pernah meremehkan orang tua ku.. walaupun aku belum bisa melunasi administrasi di smp, bukan berarti anda bisa bicara seenaknya…  walaupun sekarang saya sekolah dengan uang sekolah super mahal, tapi bukan berarti anda bisa bicara seperti itu..

Dan sepertinya, anda tidak menghargai kejujuran saya.. niat saya baik, bahwa saya hanya ingin meminjam ijazah sebentar untuk difotokopi kemudian dilegalisir, tapi, sepertinya anda takut kalau ijazah tersebut akan saya bawa… saya sakit hati dengan perkataan anda seolah-olah saya almamater yang tidak baik.. kalau saya bukan almamater yang baik, tidak mungkin saya mau mempromosikan smk saya ke smp, menyambut study tour dari smp dengan segala persiapan yang telah saya persiapkan..

Tetapi terimakasih sudah membuat saya seperti itu dan kemudian seperti ini..

L

Tidak ada komentar:

Posting Komentar