Senin, 21 Mei 2012

Sesuatu Yang Diharapkan Akan Datang Jika Sabar



Sabar itu berimbang dengan kejujuran, sangat langka didapatkan, sangat susah diterapkan, dan sangat mahal harganya. Kadang kita tidak sabaran untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Kadang juga kita tidak tahu harus apa yang diperbuat, yang kita tahu hanya mendapatkan apa yang kita harapkan. Jika kita pernah menahan kesabaran sesabar mungkin, perasaan kita sangat lega ketika mendapat sesuatu sesuai harapan dengan menahan kesabaran tersebut.

Salah satu hal yang dibenci oleh umat manusia adalah menunggu, apalagi jika menunggu terlalu lama. Jika kita ada janji dengan orang lain, dan salah satu dari kita yang berjanji ada di posisi menunggu, mungkin hati kita akan memaki orang itu mengapa lama sekali datangnya. Mengapa dia telat datang padahal kita sudah menunggu. Hal tersebut pasti dialami setiap orang. Tetapi, alangkah bagusnya jika kita menerapkan kata ’sabar’ itu dalam diri kita.

Mungkin kedengaran sepele, tapi sebenarnya kesabaran ini begitu susah diterapkan. Hal-hal kecil saja misalnya menghidupkan laptop, bila terjadi sedikit hang dan start up nya agak lama prosesnya, sabar itu pun akan diuji. Atau hal lain, jika makan di rumah makan atau pun restoran dan kita sudah cukup lama memesan makanan dan minuman kepada pelayannya, kita pasti sudah tidak sabaran menunggu pesanan dan mungkin terus-menerus menggerutu kepada pelayannya atau mungkin berniat pergi dari situ ke tempat lain. Hal tersebut sudah menjadi hal wajar jika sabar itu susah diterapkan. Apalagi kita yang bersifat tempramen, wah tahu sendirilah apa yang bakalan terjadi jika sabar itu menjadi ujian bagi orang tempramen.

Sabar memang sesuatu yang sulit, sama halnya dengan kejujuran. Sabar menjadi salah satu kunci mendapatkan hal yang diharapkan, sejajar dengan kerja keras, tekun, berdoa, dan sebagainya. Bila sudah kerja keras, tekun, berdoa, namun tidak sabar menunggu hasilnya, maka apa yang sudah dikerjakan bisa berantakan hanya karena tidak sabar menunggu hasilnya. Jadilah sabar, karena itu puncak dari ketekunan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar