Kamis, 31 Mei 2012

Rumah Tanpa Jendela


Sinopsis film “Rumah Tanpa Jendela”


Rara (Dwi Tasya), 8 Tahun, sangat ingin punya jendela di rumahnya yang kecil berdinding tripleks bekas di sebuah perkampungan kumuh tempat para pemulung tinggal di Menteng Pulo, Jakarta. Si Mbok (Ingrid Widjanarko), nenek Rara yang sakit-sakitan dan ayahnya Raga(Rafi Ahmad) yang berjualan ikan hias dan tukang sol sepatu, tidak cukup punya uang untuk membuat atau membeli bahkan hanya selembar daun jendela dan kusennya. Rara juga punya Bude Asih (Yuni Shara).



Bersama teman-temnnya sesame anak pemulung, sebelum ngamen atau ngojek paying jika hari sedang hujan, Rara bersekolah khusus untuk anak jalanan. Bu Alya (Varissa Camelia) satu-satunya pengajar sukarelawan yang membimbing dan membina anak-anak pemulung tersebut.

Di perumahan mewh Jakarta, Aldo (Emir Mahira), 11 tahun, yang sedikit terbelakang, merindukan seorang teman di tengah keluarganya yang sibuk denga urusannya masing-masing. Ia anak bungsu dari pengusaha sukses. Pak Syahri (Aswin Fabanyo) dan Nyonya Ratna (Alicia Djohar). Kehadiran Nek Aisyah (Aty Cancer), ibu Pak Syahri, menjadi penghiburan untuk Aldo. Suatu hari, Aldo berkenalan dengan Rara yang saat itu tengah mengojek payung dan terserempet mobil Aldo. Sejak itu mereka menjadi akrab.

Di rumah Aldo semua panik karena Aldo minggat dari rumah, kecewa dengan sikap kakaknya yang terang-terangan mengatakan merasa malu memiliki adik seperti dirinya. Berbagai peristiwa yang mengejutkan dan menyentuh bergulir bersama kisah persahabatan Rara dan Aldo.




gila ya.. ini film bagus banget,, sumpah keren.. *baru menyadari* kemaren kemana aja non?? hahaha.. padahal ya.. film ini udah lama banget loh.. padahal ya, di laptop gue, folder film ini udah nginep berapa bulan ya?? pokoknya udah lama.. gue emang udah liat, tapi liatnya gak niat.. tak blenjat2 gitu,, tak cepetin.. 



nah, pas kemaren nonton film ini dikamar sama nadya, mood gue lagi bagus2nya.. gue nonton dari awal.. kayak musikal gitu filmnya.. bagus deh buat semua umur.. tapi, jarang2 lo sekarang ada film anak2 kayak gini,, kebanyakan di indonesia film2nya dewasa2, udah gitu mengandung gitu2an.. pokoknya bagus deh film ini.. ngingetin gue waktu nonton petualangan sherina, laskar pelangi, garuda didadaku, king dll.. 



banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini.. sumpah keren.. bagaimana kita harus menghargai hidup kita, bagaimana kita harus banyak bersyukur buat yang diatas karena kita udah dikasih hidup, bagaimana kita menghargai kekurangan seorang sebagai kesempurnaan buat dia, bagaimana kita saling berbagi dengan semua orang yang membutuhkan kita, bagaimana kita tidak boleh berburuk sangka, bagaimana kita menjaga mulut kita atas ucapan yang keluar dari mulut kita, dll..


gue gak bisa jauh dari kotak tisu nonton film ini.. nadya juga,, #upsss hehehe.. jujur, gue tersentuh pas adegan 

- kak andini terang-terangan bilang "sadar dong.. kamu itu aneh tau gak,.." jleb...

- pas rio temennya andini nyeritain kembaran yang sama kondisinya kayak aldo yang udah gak ada setahun lalu walaupun rio udah nyumbangin satu ginjalnya.. 

- pas aldo bilang ke rara waktu makan di gedung kosong bahwa makanan tersebut adalah makanan pertama kali yang dia makan dari hasil cari uang ojek payung..

- pas waktu di sanggar lukis, aldo nglukis cuman nenek, rara, aldo, sama dua pembantunya, terus ditanyain sama gurunya : "yang lain mana?" "gak ada, semuanya sibuk, jadi gak aldo lukis deh"


gue gak bisa nahan airmata gue,, gue nangis.. bukannya gue lebay atau gimana. tapi ini bener2 sangat menyentuh hati gue,, film ini wajib ditonton.. hehehe.. jangan nonton yang gitu2an, mending nonton kayak gini ini.. bagus,,



ini adegannya waktu nenek aisyah baru sampai dari Medan, terus disuruh kasih saran sama kak Adam *kakaknya Aldo* tentang musik rock yang dianut sama band-nya



ini waktu Aldo ngasih kue buat Rio *temennya kak Andini* dan Rio ngajak ngobrol Aldo



ini waktu Nek Aisyah tidur sama Rara di rumah Aldo, karena rumahnya Rara kebakaran, terus papanya Rara meninggal dunia, dan neneknya Rara dirawat di rumah sakit.. Raranya gak bisa tidur,,



ini waktu Aldo sama Rara makan di rumah kosong.. Aldo habis minggat dari rumah gara2 kak Andini terang2an bilang kalau Aldo aneh.. terus cerita sama Rara.. "kak Andini malu punya adek kayak aku, kalau kamu malu gak temenan sama aku?" sumpah.. pas adegan ini,, gue nangis.. 


ini waktu kak Andini cerita sama nenek kalau Aldo minggt dari rumah gara2 dia.. dia nyesel karena udah buat Aldo minggat.. 

pokoknya.. siap2 bawa tisu banyak deh kalau lihat film ini...
:D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar