Jumat, 05 Oktober 2012

kangen Ayah :'(


Nggak tau kenapa, pas playlist ganti lagu miliknya seventeen – Ayah. Terus, kepikiran Ayah… dulu manggilnya Bapak, terus pas adek yang kecil manggil Ayah, aku ikutan manggil “ayah”. Aku kangen Ayaaaaaahhhhhhhh.... waktu inget ayah nganterin aku ke jogja bareng sama Ibuk, aku di mobil udah nangis ntar kalau pisah gimana? Ayahhhhh, aku kangen… tadi pas ditelfon Ayah, berusaha buat gak nangis, terus pas telefon udah dimatiin, ini malah nangis sejadi-jadinya :’(

Ayah, walaupun agak keras dan overprotective, tapi buat aku beliaulah orang yang mengajarkanku banyak hal. Beliaulah yang selalu nyeramahin kata-kata mutiara. Aku inget pas udah kelas 3 SMP akhir, dia bilang

“nduk, gak kadohen a sekolahe? Engkok sampean kudu kost lo” tersirat bahwa beliau sebenarnya berat melepaskan saya untuk sekolah yang jauh karena saya baru saja lulus SMP.

“nggakpapa yah”

Pas udah ngekost-nya, malem pertama kost, sempet gakbisa tidur soalnya kangen rumah. Biasanya, tidur sama Ayah. Dan bertepatan waktu itu final piala dunia, dan aku selalu nemenin ayah pas nonton bola. Dan ayah selalu bilang bahwa kita semua harus semangat menjalani hidup dan jangan mudah putus asa.

Sekarang juga.. kemaren pas saya bilang

“yah, aku PSG di Jogja ya?”

“lhoh, gak seng cidek2 ae? Ndek Suroboyo?”

“gak ngono yah, soale PSG juga pengalaman kerjo, nggolek seng rodok adoh, penyesuaian”

“lhoh, engkok mari lulus opo sampean kate kerjo?”

“nggih yah, lha lek kuliah ganok biaya yah, lha adek piye?”

*ayah nangis denger jawabanku*

Langsung aku dipeluk sama diciumin sama ayah, dan mungkin akulah yang jadi anak pertama dan akulah yang sadar harus mengalah. Ayah, dulu sering dibuatin sarapan *no mie instan! Dilarang*. Sup, pokoknya ayah itu selalu nyuruh makan pakek sayur, kalau gak pakek gak boleh makan *nah!*. ayah pengen yang terbaik buat anak-anaknya. Beliau selalu memberikan pelajaran tentang hemat. Hemat apapun. Uang terutama! Dulu waktu TK, berangkat selalu dianter beliau dan ditungguin sampek pulang sekolah. Dan dulu, kalau minum sirup nggak boleh, makanya kalau berangkat selalu nyiapin yakult atau susu bendera yang botolan.

Dulu pas kecil, pas lagi maem jeruk, gak sengaja isinya kemaem dan muntah-muntah. Dan sampek segede ini, gak mau maem JERUK! Dan kalau lagi dirumah, kalau ada jeruk, ayah selalu kasih, tapi aku gak mau. Pokoknya kalau aku pulang dari kost-an gitu, dirumah selalu ada sayur dan apapun yang aku suka  karena yah selalu takut kalau di kost gak pernah maem itu *netes*.

Ayah selalu bilang. “ayah sama ibuk masih nabung buat benerin rumah”. Soalnya? Kita sekeluarga dari kecil itu nomaden/kontrak, jadi sering pindah2 gitu. Pas dapet warisan tanah dari kakek, tanah-nya dibuat bangun rumah, dan pas masih jadi pondasinya, ayah sama ibuk belum ada dana. Dan untuk sementara tinggal di rumah bamboo *tapi aku seneng kok, walaupun begitu tapi rumah mewah bukanlah segalanya, tapi keluarga-lah segalanya* J

dan setiap mau berangkat balik ke kost, aku selalu cium pipinya ayah berkali-kali dan berharap minggu depan pas aku balik lagi, aku masih bisa cium dia. ayah, jujur, afif disini kangen banget sama ayah, kangen disuapin, kangen disuruh mandi, kangen disuruh maem, kangen disuruh nganter adek sekolah, kangen minta rekomendasi ayah waktu pengen beli sesuatu. kangen tertawanya ayah, kangen semuanya yang biasa ayah lakuinnnnnn....

Ingat, pas waktu SD sebagai bentuk motivasi, ayah selalu memberikan aku hadiah ketika aku dapet juara kelas.

Kelas 1 kalau gak salah dibeliin sepeda.
Kelas 2 diajak jalan2 ke balaikambang
Kelas 3 dibeliin computer *dan sayangnya computer-nya udah dijual buat bayar uang gedung SMK*
Kelas 4 dirayain ulang tahun dan dikasih sepeda :D
Kelas 5 dikasih lampu belajar

Dan semua bentuk motivasi itu hanya menjadi bayangan dari motivasi ayah sesungguhnya. Bahwa motivasi sesungguhnya berasal dari sosok ayah bagaimana ayah harus bekerja demi aku dan adik2ku. Aku bangga punya ayah. Apapun yang ayah lakukan, buat aku semua itu yang terbaik. Pernah waktu pas masuk SMK, karena diwajibkan punya laptop, ayah sama ibuk sempet bingung karena uangnya udah dibayarin buat uang gedung. Dan akhirnya nunggu setengah semester dan itupun pinjam uang nenek. Pas itu, pas rapotan, aku dapet peringkat 4 padahal, aku sama sekali belum punya laptop. Ayah nangis terharu. Dan aku berfikir, walaupun kita terbatas media pendukung bukan berarti belajar kita terbatas kan?. Langsung pas hari senin aku dijemput ke kost dan dibeliin laptop baru J terimakasih ayah, ayah baik, ibuk juga…..

dan aku inget pas baru dibeliin sepeda dan aku dengan senang hati mencobanya. dan pertama kali latihan langsung jatuh, dan aku lihat gimana wajah khawatir-nya ayah waktu itu. jujur, dibanding dengan adik-adikku, ayah sayang banget sama aku, karena pernah waktu kecil aku dibeliin semacam mainan yang bisa dinaikin dan diputer-puter dan pernah jatuh sampek operasi dan lukanya membekas sampai sekarang *semacam cekungan dibagian dada* dan efeknya, aku kalau kecapekan selalu ngos-ngosan dan sulit nafas. kalau udah gitu, paru2 serasa menyempit dan sakit sekali. dan pernah juga waktu kecil sakit tifus sampek 3 bulan di rumah sakit. kata ayah, akulah anak yang lama tinggal dirumah sakit, rawat inap total 5 bulan. dan itulah mengapa ayah selalu khawatir sama aku. mungkin masa kecil itu takut terulang kini.

ayah, afif besok ulang tahun, dan ini ulang tahun pertama kalinya tanpa keluarga. biasanya ayah selalu ngrayainnya rekreasi. ayah, afif kangen. dari tadi gak bisa lepas mandangin fotonya ayah. besok itu 18 tahun. wah, afif udah gede ya yah, gak kerasa ya. dulu pas kecil, cengeng banget, minta apa-apa harus diturutin. ayah, andai aku tidak bermimpi, aku pengen ayah disini nina-bobokin afif. ayah masih muda, tapi ayah sudah mengajarkan kami semua banyak hal. ayahhhhh :)

Pokoknya gak semuanya bisa diketik. Karena kasih sayang orang tua tak sebanding dengan kekuatan tangan untuk mengetiknya :D

Aku kangen ayah J







walaupun rumah masih seperti itu, tapi ayah selalu bilang bahwa kita harus sabar dan jangan lupa untuk terus berdoa kepada Allah dan selalu sholat. bahwa ayah akan selalu berusaha buat memperbaiki semuanya. bahwa Ayah selalu bilang bahwa ayah selalu sayang sama anak-anaknya, bahwa ayah akan melakukan yang terbaik buat semuanya. dan Ayah, jaga kesehatan disanaaaaaaaaaaa. afif selalu merindukan ayah. buat ayah tercinta : I love Ayah..

Seventeen - Ayah 

Engkaulah nafasku
Yang menjaga didalah hidupku
Kau anjurkan aku menjadi yang terbaik
Kau tak pernah lelah
Sebagai penopang dalam hidupku
Kau berikan aku semua yang terindah
Aku hanya memangggilmu ayah
Di saat aku kehilangan ayah
Aku hanya mengingatmu ayah
Jika aku tlah jauh darimu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar