Senin, 01 Oktober 2012

Profil PPTiK UGM



Lokasi

Unit Penunjang Universitas ini terletak di Jalan Pancasila Bulaksumur (utara gelanggang mahasiswa dan selatan purnabudaya UGM) yang dulu dikenal sebagai Boulevard Universitas Gadjah Mada. Unit ini diresmikan penggunaanya pada tanggal 18 Februari 1978 dengan nama Pusat Komputer Universitas Gadjah Mada. Unit ini bertanggungjawab langsung kepada Rektor.

UPU PPTiK mempunyai tugas menyediakan fasilitas dan layanan dibidang teknologi informasi dan komunikasi bagi mahasiswa, dosen, karyawan, dan seluruh unit kerja dilingkungan UGM.

Sejarah Singkat

Berdiri dengan nama Pusat Komputer (PUSKOM) UGM pada tanggal 18 Februari 1978. Pusat pengelolaan data dan penyajian informasi ini telah menjadi sarana untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bagi seluruh civitas akademika UGM dan masyarakat umum.
Perkembangan teknologi komputer dan komunikasi mendorong Pusat Komputer menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang menyelenggarakan tugas sebagai Pusat Pelayanan Teknologi Informasi UGM, sehingga pada 19 Juni 2004 UPT Komputer berubah menjadi Unit Penunjang Universitas (UPU) dengan nama : Pusat Pelayanan Teknologi dan Komunikasi UGM (PPTiK UGM) yang merupakan lembaga pelayanan yang berfokus pada pengolahan data, interkoneksi kampus, dan repositori konten. PPTiK UGM juga berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global melalui Paperless Office.

Visi dan Misi

Visi :

Pusat Informasi Rujukan Penyelesaian Permasalahan Bangsa


Misi :

Menyelenggarakan pelayanan teknis teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana perwujudan :

- Tri Dharma Perguruan Tinggi
      - Penyebaran Ilmu Pengetahuan
      - Peningkatan efektifitas dan efisiensi organisasi
      - Penyebarluasan informasi

         Layanan Teknologi Informasi

            - Email
            - Web Hosting
            - Single Sign-on : http://im.ugm.ac.id/
      - File Sharing : http://upload.ugm.ac.id/ 
      - Online Dictionary : http://kamus.ugm.ac.id/
      - Videoteleconference
Layanan ini tersedia bagi seluruh civitas akademika : karyawan, mahasiswa, dosen, dan alumni.

Fasilitas :

          1.       2 Laboratorium computer yang terdiri dari 20 PC dan 40 PC dengan LCD Proyektor
          2.       Ruang Seminar dengan kapasitas 60 kursi dengan LCD proyektor
          3.       Ruang kelas
          4.       Open Café

Fasilitas yang disediakan :

          1.       Fasilitas jaringan computer
a.       Fasilitas koneksi Internet dengan bandwidth : 16 MBps dan akan terus ditingkatkan
b.      Fasilitas jaringan fiber optic dengan kapasitas 10 Gbps yang dapat dimanfaatkan oleh segenap civitas akademika UGM. Jaringan ini sudah menjangkau semua fakultas dan semua unit kerja dilingkungan UGM. Tulang punggung jaringan kampus UGM dibangun berbasis teknologi Gigabit Ethernet. Pusat jaringan didukung oleh Cisco Catalyst 6509 yang menghubungkan switching access di masing-masing lokasi user melalui switch distribusi berupa 4 buah Cisco Catalyst 4003 dan 4006 yang ditempatkan di fakultas MIPA, Ekonomi, Kedokteran, dan Teknologi Pertanian. Akses jaringan dari unit-unit kerja dilakukan melalui switch Catalyst 3524 dan 2950.
c.       Fasilitas Hotspot yang tersebar di beberapa tempat di UGM yang digunakan untuk mengakses jurnal dan materi akademis melalui jaringan nirkabel (wifi). Saat ini sudah ada sekitar 18 pusat hotspot yang akan terus ditambah ditahun-tahun mendatang.
d.      Fasilitas penyediaan email bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua unit kerja dilingkungan UGM. Kapasitas yang disediakan adalah minimal 10 mbps dan dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan.
e.       Fasilitas web hosting bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua unit kerja dilingkungan UGM. Kapasitas yang disediakan adalah minimal 50 mbps dan ditingkatkan sesuai kebutuhan.
          2.       Fasilitas Jaringan Telepon
a.       Jaringan Telepon PABX yang luas meliputi seluruh UGM dengan menggunakan teknologi analog dan digital.
b.      Menggunakan fasilitas fiber optic sedang disiapkan jaringan telepon dengan teknologi voip (voice over internet)
          3.       Fasilitas Komputer dan terminal Jaringan
a.       Fasilitas sejumlah 100 unit komputer personal yang berlokasi di kantor PPTiK siap dipergunakan untuk pelatihan maupun praktikum bagi mahasiswa maupun karyawan.
b.      Fasilitas terminal untuk mengakses internet sejumlah 10 buah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa, dosen, dan karyawan UGM untuk mengakses internet yang berlokasi di PPTiK UGM.

Layanan yang disediakan :

          1.       Layanan jaringan computer
a.       Instalasi dan perawatan jaringan computer diunit-unit kerja dilingkungan UGM, baik secara intranet local maupun terhubung ke intranet universitas.
b.      Layanan pengendalian keamanan jaringan komputer dari serangan virus, hacker, dll
          2.       Layanan telepon
a.        Layanan pemasangan, perbaikan dan pemutusan saluran telepon bagi unit-unit kerja dilingkungan UGM
b.      Layanan pencatatan pulsa bagi penggunaan telepon dilingkungan UGM
          3.       Layanan hosting bagi e-mail dan website
a.       Layanan pembuatan dan pemeliharaan e-mail bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua unit kerja dilingkungan UGM
b.      Layanan pembuatan dan pemeliharaan situs bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua unit kerja dilingkungan UGM
          4.       Layanan pelatihan, PPTiK menyediakan pelatihan dibidang teknologi dan komunikasi    bagi mahasiswa, dosen, karyawan dilingkungan UGM
          5.       Pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi manajemen, PPTiK membantu pengembangan sistem informasi akademik, sistem informasi registrasi dan herregistrasi, sistem informasi anggaran dan akuntansi, sistem informasi asset tetap dan lain sebagainya untuk mendukung kelancaran administrasi universitas
          6.       Konsultasi pengolahan data, termasuk pengolahan data statistik bagi mahasiswa yang melaksanakan tugas kuliah maupun tugas akhir, juga bagi dosen yang sedang melakukan penelitian

Aktifitas

  • Sebagai pusat pelayanan teknologi informasi bagi 18 fakultas, dengan lebih dari 50.000 mahasiswa
  • Mendukung pengembangan dan pemeliharaan system informasi akademis
  • Pengelola jaringan perpustakaan
  • Pengelola jaringan computer sebagai sarana intranet antar fakultas dan unit kerja lain dilingkungan UGM
  • Pengelola jaringan untuk mendukung e-campus
  • Pengolahan data massal berbasis formulir komputer
  • Sebagai konsultan information technology studies
  • Pelatihan teknologi informasi bagi civitas akademika dan masyarakat umum
  • Penyediaan koneksi internet untuk civitas akademika UGM

POSS UGM (Pemberdayaan Open Source Software)

Adalah pusat pendayagunaan open source software yang melakukan aktifitas berbasis open source. Fokus kegiatan dan layanan POSS UGM ditujukan untuk memberikan layanan terbaik dalam hal penelitian dan pengembangan aplikasi dan interopabilitas hardware, pusat data (repositori) konten ICT, pelatihan SDM, incubator bisnis, layanan informasi dan konsultasi

UGOS (Universitas Gadjah Mada Goes Open Source)

UGOS, merupakan sebuah layanan, yang sepenuhnya memberikan dukungan dan pendampingan untuk melakukan proses migrasi Open Source di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan/program UGOS adalah salah satu bentuk inisiasi mandiri UGM dalam rangka mendukung program pemerintah yang dikenal dengan Indonesia Goes Open Source (IGOS) 
dan menjadi bagian dari Jogja Goes Open Source (JGOS)

SAFARI (Sistem Analisis Fasilitas dan Informasi)

Adalah unit yang dibentuk sebagai unit penelitian dan pengembangan system-sistem informasi manajemen. Focus kegiatan unit SAFARIditujukan untuk memberikan layanan dalam hal konsultasi, analisis, pengembangan, perawatan, migrasi, penerapan, dan pelatihan teknologi nformasi berbasis open source. SAFARI telah menciptakan beberapa proyek pengembangan e-Government dengan pemerintah daerah seperti Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Tegal.

Open Café

Merupakan perpustakaan dan ruang akses internet public yang dilengkapi dengan 2 PC, 2 wide screen monitor dan video/audio mixer. Ruang ini dapat digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event-event/talkhow yang dapat disiarkan ke universitas lain melalui videoteleconference. Ruangan berkapasitas 30 kursi ini dilengkapi oleh aneka macam makanan dan minuman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar