Lokasi
Unit
Penunjang Universitas ini terletak di Jalan Pancasila Bulaksumur (utara
gelanggang mahasiswa dan selatan purnabudaya UGM) yang dulu dikenal sebagai
Boulevard Universitas Gadjah Mada. Unit ini diresmikan penggunaanya pada
tanggal 18 Februari 1978 dengan nama Pusat Komputer Universitas Gadjah Mada.
Unit ini bertanggungjawab langsung kepada Rektor.
UPU PPTiK
mempunyai tugas menyediakan fasilitas dan layanan dibidang teknologi informasi
dan komunikasi bagi mahasiswa, dosen, karyawan, dan seluruh unit kerja
dilingkungan UGM.
Sejarah
Singkat
Berdiri
dengan nama Pusat Komputer (PUSKOM) UGM pada tanggal 18 Februari 1978. Pusat pengelolaan
data dan penyajian informasi ini telah menjadi sarana untuk mewujudkan Tri
Dharma Perguruan Tinggi, bagi seluruh civitas akademika UGM dan masyarakat
umum.
Perkembangan
teknologi komputer dan komunikasi mendorong Pusat Komputer menjadi Unit Pelaksana
Teknis (UPT) yang menyelenggarakan tugas sebagai Pusat Pelayanan Teknologi
Informasi UGM, sehingga pada 19 Juni 2004 UPT Komputer berubah menjadi Unit
Penunjang Universitas (UPU) dengan nama : Pusat Pelayanan Teknologi dan
Komunikasi UGM (PPTiK UGM) yang merupakan lembaga pelayanan yang berfokus pada
pengolahan data, interkoneksi kampus, dan repositori konten. PPTiK UGM juga
berpartisipasi dalam mengurangi pemanasan global melalui Paperless Office.
Visi dan
Misi
Visi :
Pusat Informasi Rujukan Penyelesaian Permasalahan
Bangsa
Misi :
Menyelenggarakan
pelayanan teknis teknologi informasi dan komunikasi sebagai sarana perwujudan :
- Tri
Dharma Perguruan Tinggi
- Penyebaran
Ilmu Pengetahuan
- Peningkatan
efektifitas dan efisiensi organisasi
- Penyebarluasan
informasi
Layanan Teknologi Informasi
- Email
- Web
Hosting
- Single
Sign-on : http://im.ugm.ac.id/
- File
Sharing : http://upload.ugm.ac.id/
- Online
Dictionary : http://kamus.ugm.ac.id/
- Videoteleconference
Layanan
ini tersedia bagi seluruh civitas akademika : karyawan, mahasiswa, dosen, dan
alumni.
Fasilitas
:
1.
2
Laboratorium computer yang terdiri dari 20 PC dan 40 PC dengan LCD Proyektor
2.
Ruang
Seminar dengan kapasitas 60 kursi dengan LCD proyektor
3.
Ruang
kelas
4.
Open
Café
Fasilitas
yang disediakan :
1.
Fasilitas
jaringan computer
a.
Fasilitas
koneksi Internet dengan bandwidth : 16 MBps dan akan terus ditingkatkan
b.
Fasilitas
jaringan fiber optic dengan kapasitas 10 Gbps yang dapat dimanfaatkan oleh
segenap civitas akademika UGM. Jaringan ini sudah menjangkau semua fakultas dan
semua unit kerja dilingkungan UGM. Tulang punggung jaringan kampus UGM dibangun
berbasis teknologi Gigabit Ethernet. Pusat jaringan didukung oleh Cisco
Catalyst 6509 yang menghubungkan switching access di masing-masing lokasi user
melalui switch distribusi berupa 4 buah Cisco Catalyst 4003 dan 4006 yang
ditempatkan di fakultas MIPA, Ekonomi, Kedokteran, dan Teknologi Pertanian. Akses
jaringan dari unit-unit kerja dilakukan melalui switch Catalyst 3524 dan 2950.
c.
Fasilitas
Hotspot yang tersebar di beberapa tempat di UGM yang digunakan untuk mengakses
jurnal dan materi akademis melalui jaringan nirkabel (wifi). Saat ini sudah ada
sekitar 18 pusat hotspot yang akan terus ditambah ditahun-tahun mendatang.
d.
Fasilitas
penyediaan email bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua unit kerja
dilingkungan UGM. Kapasitas yang disediakan adalah minimal 10 mbps dan dapat
ditingkatkan sesuai kebutuhan.
e.
Fasilitas
web hosting bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua unit kerja dilingkungan
UGM. Kapasitas yang disediakan adalah minimal 50 mbps dan ditingkatkan sesuai
kebutuhan.
2.
Fasilitas
Jaringan Telepon
a.
Jaringan
Telepon PABX yang luas meliputi seluruh UGM dengan menggunakan teknologi analog
dan digital.
b.
Menggunakan
fasilitas fiber optic sedang disiapkan jaringan telepon dengan teknologi voip
(voice over internet)
3. Fasilitas Komputer dan terminal
Jaringan
a.
Fasilitas
sejumlah 100 unit komputer personal yang berlokasi di kantor PPTiK siap
dipergunakan untuk pelatihan maupun praktikum bagi mahasiswa maupun karyawan.
b.
Fasilitas
terminal untuk mengakses internet sejumlah 10 buah yang dapat dipergunakan oleh
mahasiswa, dosen, dan karyawan UGM untuk mengakses internet yang berlokasi di
PPTiK UGM.
Layanan yang disediakan :
1.
Layanan
jaringan computer
a.
Instalasi
dan perawatan jaringan computer diunit-unit kerja dilingkungan UGM, baik secara
intranet local maupun terhubung ke intranet universitas.
b.
Layanan
pengendalian keamanan jaringan komputer dari serangan virus, hacker, dll
2.
Layanan
telepon
a.
Layanan pemasangan, perbaikan dan pemutusan
saluran telepon bagi unit-unit kerja dilingkungan UGM
b.
Layanan
pencatatan pulsa bagi penggunaan telepon dilingkungan UGM
3.
Layanan
hosting bagi e-mail dan website
a.
Layanan
pembuatan dan pemeliharaan e-mail bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua
unit kerja dilingkungan UGM
b.
Layanan
pembuatan dan pemeliharaan situs bagi mahasiswa, dosen, karyawan dan semua unit
kerja dilingkungan UGM
4.
Layanan
pelatihan, PPTiK menyediakan pelatihan dibidang teknologi dan komunikasi bagi
mahasiswa, dosen, karyawan dilingkungan UGM
5.
Pengembangan
dan pemeliharaan sistem informasi manajemen, PPTiK membantu pengembangan sistem
informasi akademik, sistem informasi registrasi dan herregistrasi, sistem informasi
anggaran dan akuntansi, sistem informasi asset tetap dan lain sebagainya untuk
mendukung kelancaran administrasi universitas
6.
Konsultasi
pengolahan data, termasuk pengolahan data statistik bagi mahasiswa yang
melaksanakan tugas kuliah maupun tugas akhir, juga bagi dosen yang sedang
melakukan penelitian
Aktifitas
- Sebagai pusat pelayanan teknologi informasi bagi 18 fakultas, dengan lebih dari 50.000 mahasiswa
- Mendukung pengembangan dan pemeliharaan system informasi akademis
- Pengelola jaringan perpustakaan
- Pengelola jaringan computer sebagai sarana intranet antar fakultas dan unit kerja lain dilingkungan UGM
- Pengelola jaringan untuk mendukung e-campus
- Pengolahan data massal berbasis formulir komputer
- Sebagai konsultan information technology studies
- Pelatihan teknologi informasi bagi civitas akademika dan masyarakat umum
- Penyediaan koneksi internet untuk civitas akademika UGM
POSS UGM
(Pemberdayaan Open Source Software)
Adalah pusat
pendayagunaan open source software yang melakukan aktifitas berbasis open
source. Fokus kegiatan dan layanan POSS UGM ditujukan untuk memberikan layanan
terbaik dalam hal penelitian dan pengembangan aplikasi dan interopabilitas
hardware, pusat data (repositori) konten ICT, pelatihan SDM, incubator bisnis,
layanan informasi dan konsultasi
UGOS
(Universitas Gadjah Mada Goes Open Source)
UGOS,
merupakan sebuah layanan, yang sepenuhnya memberikan dukungan dan pendampingan
untuk melakukan proses migrasi Open Source di Universitas Gadjah Mada. Kegiatan/program
UGOS adalah salah satu bentuk inisiasi mandiri UGM dalam rangka mendukung
program pemerintah yang dikenal dengan Indonesia Goes Open Source (IGOS)
dan
menjadi bagian dari Jogja Goes Open Source (JGOS)
SAFARI
(Sistem Analisis Fasilitas dan Informasi)
Adalah unit
yang dibentuk sebagai unit penelitian dan pengembangan system-sistem informasi
manajemen. Focus kegiatan unit SAFARIditujukan untuk memberikan layanan dalam
hal konsultasi, analisis, pengembangan, perawatan, migrasi, penerapan, dan
pelatihan teknologi nformasi berbasis open source. SAFARI telah menciptakan
beberapa proyek pengembangan e-Government dengan pemerintah daerah seperti
Pemerintah Kota Yogyakarta, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten
Tegal.
Open Café
Merupakan perpustakaan
dan ruang akses internet public yang dilengkapi dengan 2 PC, 2 wide screen
monitor dan video/audio mixer. Ruang ini dapat digunakan sebagai tempat
penyelenggaraan event-event/talkhow yang dapat disiarkan ke universitas lain
melalui videoteleconference. Ruangan berkapasitas 30 kursi ini dilengkapi oleh
aneka macam makanan dan minuman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar