Sabtu, 27 Oktober 2012

Rabu + Kamis :)

hai pemirsaaaaaa... Selamat Hari Raya Idul Adha semuaaaa... maafkan saya yang telat nge-post ya, habis nih modem pengen diblender kali ya? lemotnya Naudzubillah :D nah, mumpung modem saya lagi sahabatan sama saya yak, saya akan kasih share tentang hari rabu + kamis di minggu terakhir bulan Oktober :) nggak terasa waktu berpacu cepat sampai akhirnya sebulan sudah saya di Jogja untuk PSG :)

hari rabu??? ada apa ya??? nothing special guys, just having fun with blog and study about GanttProject :) yaps, kurang lebih seperti itu... memangnya pemirsa, kan daya serap seseorang berbeda-beda.. apalagi materinya semacam GanttProject, saya kalau otodidak lemot banget ngertinya.. nenek Google juga gak bicara banyak -_- yasudah, saya juga berusaha.. walaupun masih setengah, tapi masih proses lah pemirsaaa... *semangatin saya dongs pemirsaaa* dan...

lanjut ke hari kamis.. kami semua *berempat* dimintai tolong sama pak Ferry buat nginstall Web Developer sama FireBug *kalau gak salah, lupa soalnya*.. sumpah, ribet bejibun pemirsaaa.. maklum lah, selama ini console kebiasaan pakek debian, lha ini ubuntu? blaaassss gak dong! akhirnya search di google, minta tolong tante google...

kurang lebih seperti ini tutorialnya :

pertama, aktifkan xampp di ubuntu yang lebih dikenal dengan LAMPP caranya :

  • download xampp di mesin pencari seperti google..
  • setelah selesai download, pindahkan hasil download xampp ke home directory
  • setelah itu buka terminal dan masuk ke root dengan perintah : sudo su
  • ekstrak xampp ke direktory/opt dengan mengetikkan perintah : tar xvfz xampp-linux-1.8.0.tar.gz -C /opt *sesuai tipe xampp yang didownload
  • setelah di ekstrak ke direktori/opt nyalakan lampp dengan cara mengetikkan di terminal : /opt/lampp/lampp start
  • setelah selesai, cobak buka browser dan ketikkan : localhost/phpmyadmin/
seteah semua langkah diatas selesai, buka mozilla dan *bersambung, belum sampek sana...* dan laptop saya juga pakek windows bukan linux.. jadi kalau gak praktek langsung gak bisa.. maaf ya pemirsaaaa... janji deh senin saya lanjutkan :D dadaaaaaahhhhhhhh :*

*lanjutan*

kedua, setelah xampp sudah aktif dan localhost sudah bisa diakses, buka browser mozilla dan klik pada tulisan seperti gambar dibawah :


dan setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah dan ketikkan apa yang anda butuhkan untuk ditambahkan ke add-ons dan siap untuk diinstall :)


dan setelah itu, selesai dan web developer serta firebug siap digunakan :) selamat mencobaaaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar